Dimulai pada tahun 2013 Tarrasmart Teknologi Indonesia adalah startup digital yang berfokus pada bidang teknologi media analisis yang telah menjangkau pasar internasional seperti; Cina, Jepang, Turki, Jerman hingga Amerika. Tarrasmart telah berhasil mengembangkan teknologi artificial intelligence yang dapat melacak setiap pembicaraan tentang sebuah brand atau keyword yang dibicarakan di berbagai jaringan sosial agar dapat mengukur keberhasilan dari setiap keputusan yang diambil oleh ‘pembeli’.
Tarrasmart didirikan oleh Cristianto Rian di Kota Makassar, yang mulanya merupakan aplikasi sosail media yang memungkinkan pengguna melakukan obrolan dengan pengguna lain yang terdaftar tanpa harus mengikuti atau menambahkan pertemanan terlebih lebih dahulu, dengan menggunakan PIN unik untuk melakukan komunikasi secara real-time.
Kemudian pada tahun 2013 muncullah ide untuk membuat direktori radio online Indonesia setelah melihat direktori radio online yang ada pada saat itu hanya berasal dari luar negeri yang menggunakan bahasa Inggris, dengan tampilan yang kurang menarik, situs web yang tidak ter-update, hingga banyak error pada aplikasinya. Dalam pengembangannya Cristian mengajak co-founder lainnya, Mohammad Taufik dan Ian Ibnu Wahab Saimima, Laura Fany dan Brian Kevin.
Berangkat dari hal inilah yang mendorong lahirnya Tarrasmart yang berfokus pada pendengar radio di Indonesia. Nama Tarrasmart semakin melejit setelah terpilih sebagai salah satu dari UKM kreatif yang masuk program inkubator Bursa Efek Indonesia (BEI) atau Indonesia Stock Exchange (IDX) pada 2017, dan terpilih menjadi salah satu start-up digital yang mewakili Indonesia pada ajang Start-up Istanbul pada 2016.
Tarrasmart dianggap merupakan fitur atau aplikasi yang sangat berguna untuk masyarakat pengguna ponsel berbasis online. Diferensiasi produk yang dihadirkan oleh Tarrasmart ada pada penggabungan fitur radio dan televisi dalam satu aplikasi, yang ditambah dengan opsi berbasis kategori.
Tarrasmart mengambil model bisnis B2B yang sangat sukses di Indonesia, dan banyak diminati oleh perusahaan penyiaran untuk memantau kualitas siaran mereka dibandingkan untuk memantau siaran pesaing. Hal ini berdampak pada minat para pengiklan dimana mereka dapat menentukan perusahaan penyiaran mana guna mempromosikan produk dan layanan mereka berdasarkan data. Tarrasmart dapat diakses melalui desktop browser, mobile browser, dan untuk instalasi aplikasi Android dapat di akses melalui website Tarrasmart untuk tautan mengunduh aplikasinya.
Hana / MediaStartup