Mengapa Butuh Perencanaan Keuangan? Ikuti Webinar, The Importance of Financial Planning for Personal and Company – KREEN INDONESIA

0
18

Perencanaan keuangan sangat penting bagi usaha maupun individu yang ingin mandiri secara finansial. Sejak pandemi menyerang, peranan financial planning semakin signifikan. Masa pandemi ini menjadi pengingat bagi masyarakat bahwa sangat diperlukan adanya sikap kritis dan bijaksana dalam perencanaan biaya karena ada tragedi yang sifatnya tidak terduga dan berdampak pada perekonomian.

Seperti yang telah diketahui, pandemi COVID-19 membuat banyak bisnis terpukul. Mereka terpaksa melakukan pengurangan karyawan dan mencari cara terbaik agar tak gulung tikar.

Belum lagi, pengusaha perlu bersiap-siap dengan gelombang kedua virus corona yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Mengingat beberapa negara tak disiplin dalam pembatasan sosial atau lockdown. Pengusaha perlu mempersiapkan strategi alternatif, fokus pada risiko kesehatan, dan antisipasi anomali ekonomi.

Aspek yang tak boleh dilupakan pengusaha adalah melakukan manajemen resiko keuangan. Manajemen resiko keuangan adalah  proses pengidentifikasian,  pengukuran, dan kontrol keuangan dari resiko resiko yang mengancam aset dan penghasilan dari sebuah perusahaan atau proyek yang dapat menimbulkan kerusakan ataupun juga kerugian pada perusahaan tersebut.

Cashflow adalah aspek lain yang perlu dipikirkan dalam perencanaan keuangan. Pebisnis wajib menjaga cash flow usahanya agar tetap efisien ditengah krisis ekonomi saat ini.Semua keputusan penting perusahaan harus didasarkan pada kondisi cash flow.

Perusahaan BUMN sekelas Angkasa Pura II pun telah terbukti mampu memangkas anggaran hingga Rp 1,8 triliun pada kuartal-III tahun 2020. Tiga aspek utama yang menjadi fokus strategi business survival mereka adalah penghematan (cost leadership), penyesuaian terhadap belanja modal (capex disbursement) dan memperketat manajemen arus kas (cash flow management).

Dari sisi individual, masyarakat pun punya juga memerlukan kendali diri terhadap uang, mengingat banyaknya keinginan yang tak sebanding dengan kemampuan finansial sekaligus sebagai persiapan akan adanya inflasi. Setidaknya, dana darurat, dana rumah, dan dana investasi untuk masa depan adalah tiga hal utama yang perlu diperhatikan dalam perencaan keuangan mandiri.

Ingin tahu lebih banyak soal perencanaan keuangan bagi bisnis maupun individu dalam menghadapi krisis COVID-19? Saatnya bergabung dengan TECHMinar Kreen Indonesia berjudul  The Importance of Financial Planning for Personal and Company.

Bersama Alexander Rahardjo (Financial Advisor & Co-Founder @rintisan.id), Anda akan mendapat insight menarik mengenai cara-cara membuat bisnis Anda menjadi Auto-Pilot melalui sistem keuangan yang tepat. Anda pun akan mendapat petuah informatif seputar penghematan cashflow darurat di masa krisis, serta manajemen risiko keuangan untuk entrepreneur.

Acara ini akan diadakan tanggal 5 November 2020, pukul 13.00-15.00. Jangan lupa daftarkan diri Anda sekarang!

🗓️: 5 November 2020 🕰️: 13.30 – 15.30 🔗 Pendaftaran: https://kreen.id/webinar/financialplanningforpersonalandcompany