5+1 Rahasia Kecil Sukses dari Mark Zuckerberg, Founder Facebook

0
8

Mark Zuckerberg telah mempengaruhi perubahan komunikasi dunia setelah mendirikan Facebook pada tahun 2004. Facebook tak hanya mengubah cara orang berkomunikasi tetapi juga membuat pendirinya menjadi miliuner.

Menurut motivator dan pakar marketing Tung Desem Waringin, jika Anda ingin sukses seperti sosok Mark Zuckerberg, setidaknya ada enam rahasia kesuksesan yang bisa kita pelajari.

1. Berawal dari Mimpi

Facebook didirikan bukan secara tidak sengaja. Zuckerberg merancangnya mulai dari mimpi kemudian Ia memberanikan diri untuk mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. “Kami membangun sesuatu yang kami pikir bagus. Kami ingin membantu orang berbagi foto, video, dan berkomunikasi online jarak jauh.”

2. Berpikir Besar

Meski awalnya hanya tugas kampus, Zuckerberg, berpikir bahwa dengan Facebook cara berkomunikasi orang akan lebih mudah. “Dengan memberi orang kekuatan untuk berbagi, kami membuat dunia lebih transparan,” ujarnya.

3. Optimistis

Berbekal pengetahuan dan kemampuan tentu akan mempermudah Anda dalam menjalankan sebuah bisnis.. yakinlah pada kemampuan diri sendiri menjadi modal kita.

“Saya memulai belajar website ketika masih 19 tahun. Saya awam tak tahu apa-apa soal bisnis. Tetapi kunci simpelnya adalah, jika kita memulainya dari sesuatu yang lebih mudah, kita pasti bisa membuat suatu progres (kemajuan) menjadi lebih mudah,” katanya.

4. Tekun dan Fokus

Tekun dan fokus pada mimpi Anda. Jangan mudah menyerah karena tak ada sukses yang didapat dengan instan, termasuk juga yang dialami Zuckerberg dalam membangun Facebook.

“Orang berpikir bahwa kami membangunnya seperti fiksi. Padahal kami harus bekerja keras untuk membangun Facebook kami membutuhkan waktu selama 6 Tahun.”

5. Jangan Mudah Menyerah, Ulangi, Evaluasi Jika Gagal, Coba Lagi

Zuckerberg memulai Facebook dengan impian website itu akan menjadi sosial media dunia. Padahal saat itu sudah ada raksasa yang menguasai dunia Internet yaitu Google. Namun selalu ada jalan harapan untuk para petarung sejati, model baru, atau peluang baru yang belum digarap pihak lain.

Karena itu tak perlu takut memulai hal yang baru dan bersaing menghadapi raksasa. Selama kita yakin apa yang dilakukan adalah sesuatu hal baru dan potensial menjadi raksasa, tak perlu takut memulainya.

6. Mulailah semua dari Langkah Kecil, Setiap Hari

Saat di zaman teknologi yang sudah canggih seperti saat ini maka tidak perlu menunggu modal besar untuk memulai sebuah bisnis.

Mulailah sedikit demi sedikit, satu langkah kecil berproses merupakan perubahan besar yang lebih baik, dibanding terus berpikir dan tidak melakukan apapun sama sekali.

Bisnis sukses seperti yang dilakukan Bill Gates (Microsoft) dan Steve Jobs (Apple) dimulainya juga dari kecil (garasi rumah). Begitu juga dengan Mark Zuckerberg yang mulai membangun Facebook dari kamarnya yang kecil.

Dan Hilangkan rasa takut untuk gagal, rasa takut tidak ada modal, rasa takut ditolak, apapun itu bebaskan dirimu dari rasa takut terlebi dahulu sebelum memulai idea dan bisnismu.

Semua orang bebas dan bisa punya idea dan mimpi, tapi hanya mereka rela memulai dan bangun ketika yang lain tidur untuk mewujudkan mimpi itu.

Semoga bermanfaat. 

cc : Achmad Rouzni Noor II